Cara Merawat Tanaman Dengan Baik (Hias dan Buah)

Jika kamu memiliki taman rumah, kamu perlu mengetahui cara merawat tanaman dengan baik. Tidak semua keluarga mempunyai kesempatan untuk memiliki lahan yang cukup untuk taman. Ataupun jika ada, tidak semua orang berkemampuan untuk membuat taman rumah seperti yang mereka idamkan.

So, kalo kamu bisa memiliki taman, kamu harus bersungguh-sungguh merawatnya ya.

Sayangnya, tidak semua orang mampu untuk membayar jasa perawatan taman. Namun hal itu harusnya bukan menjadi alasan untuk membiarkan taman kamu terbengkalai, karena akibatnya justru akan membuat rumah kamu terlihat kusam, liar, dan tidak menarik. Bahkan secara tidak langsung akan mempengaruhi mood penghuninya, loh.

Ahli Taman akan memberikan kamu tips sederhana, mudah dan cepat untuk kamu semangat merawat tanaman di tamanmu tanpa perlu berlelah-lelah. Kamu cukup menyisihkan waktu beberapa menit saja setiap hari untuk sekedar menyiram dan seminggu sekali untuk perawatan khusus lainnya.

Ayo kamu ikuti 6 tips untuk merawat tanaman di taman rumahmu!

Cara Merawat Tanaman di Taman Rumah

1. Persiapkan Peralatan Standar Perawatan Taman

Peralatan Taman
Peralatan Taman

Percaya atau tidak, dengan adanya alat yang lengkap akan membuat kamu bergairah untuk berkebun atau merawat taman.

beberapa perlatan alat standar yang kamu butuhkan untuk perawatan taman adalah:

  • selang air dan sumbernya
  • alat siram/watering pot
  • cangkul
  • cangkul tiga mata
  • sekop tangan
  • gunting ranting/secateurs
  • ember
  • sapu
  • sarung tangan

Beberapa alat bisa kamu abaikan atau dikreasikan dengan alat lain, tetapi intinya adalah dengan ketersediaan alat dasar untuk membantu kamu bertaman akan membuat kegiatan merawat tanaman tidak terlalu melelahkan.

2. Penyiraman Tanaman Dengan Tepat

Menyiram tanaman merupakan cara merawat tanaman dasar tetapi penting untuk merawat taman. Yang perlu kamu perhatikan adalah tidak semua tanaman butuh kuantitas air yang sama banyak!

Inilah mengapa penting untuk kamu mengetahui jenis tanaman apa yang kamu tanam serta kebutuhan air dari tanaman tersebut.

Jangan sampai ada tanaman yang butuh air banyak namun jarang kita siram, sebaliknya tanaman yang tidak butuh penyiraman setiap hari justru kamu disiram setiap hari.

Tanaman tropis, umumnya memiliki karakter yang sama yaitu membutuh penyiraman setiap hari. Bisa kamu siram sekali sehari (pagi atau sore) atau dua kali sehari jika hari terlalu terik.

Cara merawat tanaman buah
Cara merawat tanaman buah

Lebih baik kamu melakukan penyiraman dengan terjadwal. Tidak perlu banyak air asalkan rutin, misal 2x sehari. Kamu akan lihat tanamanmu akan terlihat lebih sehat, segar dan subur.

Menyiram dengan terlalu banyak air justru akan mengundang penyakit tanaman dan menghalangi jalur oksigen untuk masuk ke tanah.

3. Membersihkan Gulma

Kita tinggal di negeri kita ini sangat subur. Tanaman yang tidak ditanam saja bisa tumbuh dengan bebas. Itulah kenapa di taman kamu banyak tanaman liar alias gulma yang akan turut tumbuh. Jika tidak dicabut, gulma akan tumbuh liar sehingga merusak tampilan taman.

Akibat lain dari gulma ini adalah mengurangi unsur hara tanah sehingga tanaman asli yang kita tanam justru kekurangan hara dan bahkan bisa mati.

4. Pemangkasan

Ketika tanaman yang ada di taman sudah sesuai bentukan visualnya seperti yang kita inginkan, maka penting untuk terus menjaga bentukan tersebut. Kamu perlu melakukan pemangkasan setidaknya seminggu sekali.

Pemeliharaan Tanaman
Pemeliharaan Tanaman

Pemangkasan ini termasuk juga dengan membuang daun kering atau memotong cabang yang mengganggu.

5. Pemberian Pupuk Tanaman Hias dan Buah

Pupuk terbaik tentu adalah pupuk organik. Penggunaan pupuk organik seperti pupuk kandang dan kompos sangat penting untuk menjaga kualitas hara tanah dan memberi nustrisi tanaman.

Sebaliknya, untuk pupuk kimia ada baiknya tidak digunakan atau hanya gunakan jika memang diperlukan. Terlalu sering menggunakan pupuk kimia justru akan menurunkan tingkat kesuburan tanah.

Pemberian pupuk yang paling tepat adalah saat tanaman terlihat kurang sehat dan saat baru kamu pindahkan ke media tanam baru.

6. Pengendalian Hama

Hati-hati ya untuk kemungkinan tanaman kamu terkena hama! Hama akan sangat merugikan karena tidak saja menyerang satu tanaman, melainkan akan menular ke tanaman lainnya.

Karena itu, jika ditemukan hama, segera buang hama dan tanaman bersangkutan. Lalu lakukan penyemprotan pestisida ke tanaman lain untuk mencegah penyebarannya.

Apabila memiliki waktu, akan lebih baik lagi jika melakukan rotasi tanaman yaitu dengan menanam beberapa jenis tanaman berbeda di dalam satu musim. Ini bisa menjadi cara untuk mengurangi kemungkinan adanya sarang hama yang tertinggal dari tanaman lama. Selain itu juga bisa memberi suasana baru agar taman kamu tidak membosankan.

Tips cara merawat tanaman yang sangat mudah dan ringan kan untuk kamu kerjakan? Kamu pasti bisa melakukannya. Ingat, yang penting adalah kamu melakukan dengan rutin maka tamanmu akan terawat serta sehat!

Jika ada pertanyaan atau kesulitan, Ahli Taman siap membantu kamu.

Happy gardening ya!